Hadiri Acara Natal, Camat Tomtim Sosialisasikan Perma Kades Tentang Penanggulangan Rabies

oleh -14 membaca
oleh
Luwu Timur, Chaneltimur.com – Camat Tomoni Timur (Tomtim), Herpik, SKM, M.Kes, tidak pernah lelah mensosialisasikan kepada warganya tentang bahaya penyakit rabies, termasuk saat menghadiri perayaan Natal di Gereja Toraja Jemaat Baku Desa Patengko, Jumat (22/12/23) malam.
Saat diminta menyampaikan sambutan sebagai Pemerintah Kecamatan Tomoni Timur, Herpik kembali mengingatkan warganya bahwa saat ini telah ditetapkan peraturan bersama kepala desa (Perma Kades) se-Kecamatan Tomoni Timur pada tanggal 14 Desember 2023 tentang penanggulangan penyakit rabies yang disebabkan oleh hewan penular rabies, baik Anjing, kucing maupun monyet.
“Latar belakang dari terbitnya Peraturan bersama kades ini disebabkan karena Kecamatan Tomoni Timur saat ini merupakan penyumbang terbesar angka gigitan hewan pembawa Rabies di Kabupaten Luwu Timur, mulai dari Januari hingga November 2023 dimana angka gigitan hewan terutama anjing cukup tinggi di wilayah kita,” jelas Herpik.
“Oleh karena itu, dipandang perlu membuat regulasi untuk meminimalisir kasus gigitan hewan peliharaan ini sehingga tidak jatuh korban semakin banyak di masyarakat, karena jika terjadi gigitan hewan dan itu Rabies maka tingkat kematian juga semakin cepat apalagi kalau tidak dilakukan cuci luka yang benar,” tambah Herpik.
Ia menambahkan, mengingat peraturan bersama ini sudah disepakati oleh seluruh kepala desa di wilayah Kecamatan Tomoni Timur, maka wajib untuk ditaati oleh seluruh masyarakat.
Selain masalah Rabies, Camat Tomoni Timur juga menyampaikan pesan damai Natal tahun 2023 sesuai tema Nasional yang nantinya akan terwujud pada Pemilu tahun 2024.
“Kita terus berupaya agar kedamaian akan tetap terjaga bukan hanya saat natal, tetapi juga pada Pemilu tahun depan. Oleh karena itu, peran tokoh agama sangat strategis dalam menyampaikan pesan – pesan yang menyejukkan kepada seluruh jemaat,” imbuh Herpik.
Perayaan Natal Gereja Toraja Jemaat Baku Desa Patengko ini, khotbah Natal disampaikan oleh pendeta jemaat Baku Pdt. Petrus Senga, S.Th.,M.M, serta  dihadiri oleh Danramil, Kapolsek, Kades Patengko, Ketua BPD dan para Pendeta dari berbagai dedominasi gereja dan jemaat di Kecamatan Tomoni Timur. (ikp-humas/kominfo-sp)