Disaksikan Orangtuanya, 72 Paskibra Bulukumba Dikukuhkan

oleh -6 membaca

Bulukumba, Chaneltimur.com – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengukuhkan 72 Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) di halaman rumah jabatan (Rujab) Bupati Bulukumba, Selasa, 15 Agustus 2023. Pengukuhan ini pun, disaksikan langsung para orangtuanya.

“Kita memang sengaja hadirkan orangtua mereka, supaya bisa meliat langsung anaknya dikukuhkan. Tentu ada kebanggaan tersendiri bagi orangtua,” kata Kepala Bidang Kesbangpol pada Badan Kesbangpol Bulukumba, Akhmad Rizal.

Ical sapaannya mengatakan bahwasanya dari 72 anggota Paskibra Bulukumba, 39 diantaranya adalah laki-laki dan 33 lainnya perempuan. “Dengan selesainya pengukuhan ini, barulah resmi mereka dinyatakan sebagai anggota Paskibra,” katanya.

Ia menguraikan alur seleksi calon anggota Paskibra beberapa waktu lalu. Kata Ical lagi, seleksi ini benar-benar secara transparan dan profesional tanpa ada intervensi dari pihak manapun.

Apalagi seleksi itu, katanya, langsung dilakukan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). Dan pihak, Kesbangpol Bulukumba sisa mengumumkan hasilnya saja.

“Pemusatan di Hotel Agri Bulukumba. Latihannya di lapangan pemuda Bulukumba. Mereka mulai masuk tanggal 4 Agustus 2023 sampai 18 Agustus 2023 pagi,” jelas Ical.

Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf menyampaikan selamat kepada anggota Paskibra yang telah dikukuhkan. Ia menyebut anggota Paskibra nantinya akan melaksanakan tugas penting dan terhormat, yaitu mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Detik-Detik Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2023 mendatang.

“Momentum ini menandai bahwa kalian adalah generasi muda Bulukumba yang terpilih untuk melaksanakan tugas yang mulia ini. Pengukuhan ini, tentu bukanlah sebuah proses yang biasa, akan tetapi momentum ini merupakan hasil dari proses seleksi dan hasil dari pelaksanaan bimbingan, pendidikan dan pelatihan yang telah dilakukan beberapa hari sebelumnya,” kata bupati yang akrab disapa Andi Utta.

Andi Utta mengemukakan, Paskibra dipersiapkan menghadapi momentum peringatan HUT RI yang telah dibekali dengan prinsip-prinsip dasar dan nilai-nilai kepemimpinan, pola pikir serta sikap yang berorientasi pada kepentingan daerah, bangsa dan negara.

Ia juga menyinggung tema HUT ke-78 RI yaitu ”Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Menurutnya tema ini mencerminkan semangat untuk terus melanjutkan perjuangan dan upaya pembangunan, serta bekerja sama dalam memanfaatkan kesempatan demi kemajuan Indonesia.

“Tema ini menjadi langkah yang konkret dan progresif. Tindakan nyata ini harus terus berlanjut, sebagaimana slogan kita saat ini Dikerja Bukan Dicerita,” kata Andi Utta.

Salah satu orangtua Paskibra yang dikukuhkan, Fera mengaku bersyukur atas dipilihnya putrinya sebagai Paskibra 2023 ini. Ia bilang, momen ini akan jadi momen berbahagia bagi putri dan keluarganya.

“Anak saya namanya Aisyah Maharani Ramli. Dia sekolah di SMAN 8 Bulukumba. Kalau kami dari Desa Karama Kecamatan Rilau Ale,” terangnya.

Lap. Hj.Hasmiati