Bupati Bulukumba Andi Utta Pimpin Apel Besar HUT Pramuka ke-62

oleh -25 membaca

Bulukumba, Chaneltimur.com – Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf Satria memimpin upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 62 tingkat Kabupaten Bulukumba yang dilaksanakan di Lapangan Pemuda, Senin, 14 Agustus 2023.

Ratusan undangan dan anggota Pramuka dari berbagai sekolah dan instansi hadir mengikuti HUT Pramuka yang digelar melalui Apel Besar.

Selaku pembina upacara, Andi Utta sapaan akrab Bupati yang juga menjabat Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Bulukumba membacakan sambutan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso.

Tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 ini adalah Dengan Peringatan Hari Pramuka ke 62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan.

Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita
yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan.

Dalam sambutan seragam yang dibacakan Bupati Andi Utta, Budi Waseso menyampaikan Wawasan Kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara, terlebih sekarang akan menghadapi Tahun Politik, kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda
terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.

Dikatakan, jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para Pembina Pramuka dan Pelatih Pembina Pramuka jumlahnya
masih sangat terbatas. Oleh sebab itu, peningkatan jumlah dan kualitas Pembina serta Pelatih Pembina Pramuka harus terus dapat ditingkatkan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada peningkatan kualitas Gugus depan-Gugus depan Pramuka di mana pun berada.

“Untuk itu, saya berharap bahwa Kwartir semua tingkatan harus dapat turut membantu peningkatan kualitas Gugus Depan yang berada di wilayah masing-masing, kata Budi Waseso.

Pada tahun ini, lanjut Budi Waseso dalam sambutannya bahwa pihaknya juga akan dilaksanakan sejumlah kegiatan nasional.

Kegiatan tersebut diantaranya Raimuna Nasional, Perkemahan Bakti Satuan Karya (Pertisaka) Bakti Husada Tingkat Nasional, Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Putri-Putra Nasional (Musppanitra) serta
Musyawarah Nasional (Munas) Gerakan Pramuka di Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Pada kegiatan Apel Besar Gerakan Pramuka ini, sejumlah pembina Pramuka penerima penghargaan termasuk kepada Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Bulukumba.

Penghargaan yang diterima Bupati Andi Utta adalah Satya Lencana Pancawarsa III. Sementara Wakil Bupati Andi Edy Manaf menerima penghargaan Satya Lencana Darma Bakti. Adapun Sekda Ali Saleng mendapat penghargaan yang sama seperti Bupati yaitu Satya Lencana Pancawarsa III.

Lap. Hj. Hasmiati