Bupati Budiman Buka Coaching Clinic Peningkatan Implementasi AKIP Pemkab Lutim

oleh -20 membaca
oleh
LUTIM, Chaneltimur.com Bupati Luwu Timur, H. Budiman membuka Coaching Clinic/Pendampingan Teknis Peningkatan Implementasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) Pemerintah Kabupaten Lutim bekerjasama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI Tahun 2024.
Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari (16-17 Maret 2024) di Hotel Swiss Belinn Makassar ini, menghadirkan 3 Narasumber dari Kedeputian Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan KemenPAN-RB, yakni Kamaruddin, AK., M.Sc., (Asisten Deputi Perumusan dan Koordinasi Kebijakan Penerapan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan), Canggih Hangga Wicaksono, S.ST., (Analisis Kebijakan Muda), dan Afif Nur Wahid, A.Md.AK.
Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas implementasi AKIP untuk capaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil sehingga dapat lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan nilai AKIP berikutnya.
Dalam arahannya, Bupati Luwu Timur mengungkapkan, penyelenggaraan pemerintahan yang baik, terukur dalam SAKIP, merupakan bentuk perlindungan kepada masyarakat dan kewajiban bagi pemerintah.
Menurutnya, penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu strategi yang dilaksanakan dalam rangka mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, pemerintahan yang kapabel, serta meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.
reformasi birokrasi general, sehingga untuk mengetahui tingkat implementasi SAKIP dalam mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil dilakukan evaluasi AKIP setiap tahunnya.
yang lebih efektif, lincah dan berkinerja sejalan dengan visi “Luwu Timur Berkelanjutan dan Lebih Maju Berlandaskan Nilai Agama dan Budaya”,” tandas Hj. Andi Asmah Sari.
Pada kesempatan ini juga, dan dihadapan KemenPAN-RB RI, dilakukan pemaparan SAKIP dari masing-masing OPD agar dapat diketahui apa yang kurang dan memerlukan perbaikan dari OPD nya.
Turut hadir Sekda Lutim, H. Bahri Suli, Asisten Administrasi Umum, Nursih Hariani, para Kepala OPD lingkup Pemkab Lutim beserta Kasubag/Pejabat yang menangani urusan perencanaan pada masing-masing OPD yang merupakan PD Klaster Utama, Pendukung dan Tambahan Penilaian AKIP, serta Tim SAKIP Kabupaten dengan jumlah 100 orang. (rhj/ikp-humas/kominfo-sp)