Bulukumba Raih Penghargaan Kabupaten Sehat

oleh -6 membaca

Bulukumba, Chaneltimur.com Pemerintah dan stakeholder Kabupaten Bulukumba meraih penghargaan Kabupaten Sehat atau dikenal dengan Swasti Saba yang dinilai setiap dua tahun oleh Kementerian Kesehatan.

Penghargaan diserahkan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, yang diterima Wakil Bupati Bulukumba Andi Edy Manaf di Grand Ballroom Hotel Kempinski, Selasa, 28 November 2023 malam.

Pemberian penghargaan kabupaten kota sehat atau Swasti Saba merupakan agenda rutin Kementerian Kesehatan. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap komitmen dan implementasi dari kabupaten kota dan masyarakat untuk meningkatkan serta mewujudkan lingkungan yang bersih aman, nyaman, sehat secara holistik dan berkelanjutan.

“Syukur alhamdulillah, Kabupaten Bulukumba menerima penghargaan Swasti Saba kategori Padapa di pengujung tahun 2023,” ungkapnya.

Wabup Edy Manaf pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan dan seluruh tenaga kesehatan dan Forum Kabupaten Sehat yang sudah bekerja keras mewujudkan Bulukumba sehat.

Diketahui penghargaan Swasti Saba ini berdasarkan penilaian yang dilakukan sebelumnya oleh tim dari pemerintah pusat. Penilaian meliputi sembilan tatanan mulai dari sektor kesehatan, pasar, perkantoran, tempat umum, ibadah, pendidikan, dan lain-lain.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati, Ketua Forum Kabupaten Sehat, H Patudangi, Kepala Bappelibangda A Syamsul Mulhayat dan Plt Kadis Kesehatan dr. Rizal Ridwan Dappi.

H. Patudangi yang juga Wakil Ketua DPRD Bulukumba menyampaikan keterlibatan OPD teknis bersama Forum Kabupaten Sehat, Forum Kecamatan dan Pokja desa/kelurahan sangat menentukan tercapainya kabupaten sehat. (Hj.Hasmi)